Sejarah Visual Basic 6.0

Sejarah Visual Basic diawali dari pengembangan bahasa BASIC (Beginners All Purpose Symbolic Instruction Code) di Dortmount College, Amerika Serikat pada awal tahun 1960. Sejak semula Basic dirancang untuk mudah dipelajari. Pada awal tahun 1975 muncul computer pribadi (Personal Computer/ PC) pertama, bermerekMITS Altair. Namun karena hanya memiliki RAM 4 KB, satu-satunya bahasa yang digunakan untuk pemrograman adalah Assembly, bahasa ini sangat sulit untuk dipahami karena perintahnya mendekati bahasa mesin.

Tentu hal ini sangat menghambat perkembangan komputer pribadi. Bill Gate dan Paul Allen melihat potensi yang sangat besar pada komputer pribadi dimasa depan. Keduanya menciptakan BASIC untuk Altair. Ternyata sambutan masyarakat sangat baik dan akhirnya keduanya mendirikan perusahaan sendiri yang bergerak di bidang software yang bernama Microsoft.

Pada tahun 1982 IBM / PC diperkenalkan kepada masyarakat, Microsoft pun membuat sistem operasi MS-DOS untuk komputer ini. Dimana di dalamnya disertakan pula bahasa basic yang dikenal sebagai Quick Basic (QBASIC). Jaman pun berganti pada tahun 1990 era DOS berlalu dan digantikan dengan era Windows.

Dari perkembangan ini akhirnya Microsoft membuat basic versi windows, bahasa pemrograman basic ini dikenal dengan nama Visual Basic 6.0 for windows.